Peserta Liga Santri Piala Kasad 2022 Didoakan Sukses Seperti Evan Dimas Hingga Witan

JAKARTA – Liga Santri 2022 akan digelar usai Idul Fitri mendatang. Kali ini, PSSI yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sepakat memberi tajuk turnamen ini dengan Piala KSAD Liga Santri PSSI 2022.

Kompetisi antarpesantren ini akan berjalan selama enam bulan. Rencananya Surabaya akan menjadi tuan rumah pembukaan sebelum akhirnya akan ditutup di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman berharap, Liga Santri akan kembali melahirkan pemain-pemain berkualitas yang menghiasi sepak bola nasional. Selain itu, Dudung juga ingin Liga Santri tersebut dapat menjadi wadah silaturahmi para santri di Indonesia.

“Menjalin silaturahmi itu penting, apalagi antarsantri di Indonesia. Kami pun berharap liga ini dapat menghasilkan atlet dengan karakter bagus dan sportivitas yang tinggi,” tutur Jenderal berusia 56 tahun itu, dikutip dari situs resmi PSSI, Sabtu (12/2/2022). 

Pola kompetisi Liga Santri nantinya akan diawali dengan penyisihan dari tingkat kabupaten atau kota mulai 20 Juni hingga 30 Juli mendatang. Rencananya, Liga Santri akan memakan waktu empat sampai enam bulan, dan diharapkan selesai tahun ini.

Selanjutnya para klub santri dari setiap kabupaten/kota akan bersaing untuk tingkat provinsi. Nantinya kelanjutan liga tersebut akan digelar pada Agustus hingga September sebelum ke tingkat nasional yang berakhir pada Oktober nanti.

Format kompetisi ini menggunakan home tournament dengan sistem setengah kompetisi. Sebanyak 34 klub juara provinsi akan dipilih untuk melenggang ke tingkat nasional dengan tambahan enam klub sebelumnya.

Perlu diketahui banyak jebolan pesantren yang telah memperkuat Timnas Indonesia saat ini seperti Asnawi MangkualamWitan Sulaeman, Dedik Setiawan, Nadeo Argawinata, hingga Evan Dimas. Para pesantren di Indonesia rupanya juga memiliki banyak talenta muda berbakat.

Liga Santri ini telah digelar sejak 2015 lalu. Salah satu alumnus liga ini adalah Rafli Mursalim yang pernah membela Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF 2017 lalu

https://www.sportstars.id/read/liga-santri-2022-akan-kembali-digelar-begini-formatnya-r145aN?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *