PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – Turnamen Sepak Bola Liga Santri Piala Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) tahun 2022 digelar di Probolinggo. Turnamen sepak bola yang diikuti tim-tim dari pondok pesantren di Kota dan Kabupaten Probolinggo ini dibuka pada Senin (20/6/2022) siang, di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo.

Ini untuk pertama kalinya Liga Santri Piala Kasad dilangsungkan dengan menjaring klub sepak bola dari kalangan pesantren. Dalam turnamen ini ada delapan tim sepak bola dari delapan pondok pesantren yang berkompetisi.

Di grup A ada Ponpes Zainul Hasan Genggong, Pajarakan. Ponpes Riyadlus Sholihin, Ponpes Addasuqiyah, dan Ponpes An Nur. Sedangkan di grup B ada Ponpes As Sulthon, Ponpes Nurul Qodim, Ponpes Nurul Jadid, Dan Ponpes Bani Rancang.

Senin(20/6/2022) siang, Liga Santri Piala Kasad 2022 resmi dibuka di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo. Rangkaian acara begitu meriah.

Sebelum upacara pembukaan, digelar pertandingan pertama yang mempertemukan tim Ponpes An-Nur yang beralamat di Kelurahan Sumber Taman, melawan Pesantren Addasuqiyah dari Desa Liprak Kulon, Kabupaten Probolinggo.

Pertandingan yang berlangsung dua kali 35 menit itu dimenangkan oleh Ponpes An-Nur dengan skor lima kosong. Sorak gembira pendukung Ponpes An-Nur terlihat ramai di tribun.

Selanjutnya, sekitar pukul tiga sore, upacara pembukaanpun dilakukan. Drum band TNI Angkatan Darat tampil mengiringi defile perwakilan pemain dari masing-masing tim. Mereka berparade keliling di lapangan.

Setelah semua berkumpul di tengah lapangan, Komandan Kodim 0820 Probolinggo  Letkol Arh. Arif Budi menyampaikan beberapa sambutan. Ia sekaligus menyatakan membuka turnamen ini.

Selesai sambutan, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto yang juga hadir, menerbangkan balon dan membunyikan bel tanda Liga Santri Piala Kasad 2022 resmi dimulai. Upacara pembukaan ditutup dengan atraksi drumband siswa SMKN 4 Kota Probolinggo.

Sementara, Dandim 0820 Letkol Arh. Arif Budi menyampaikan pada tadatodays.com bahwa Liga Santri Piala Kasad 2022 ini dibuka serentak di seluruh indonesia. Sedangkan pusat penyelenggaraannya ditempatkan di Jombang.

Dandim mengatakan, latar belakang adanya liga santri ini adalah sebagai gebrakan untuk melatih talenta-talenta yang dimiliki santri. Menurutnya, santri bisa terlibat dalam hal apapun, seperti pertandingan sepak bola ini. “Adanya liga santri inginnya buat gebrakan, melatih talenta santri. Jadinya mereka bisa berpartisipasi di berbagai bidang seperti sepak bola,” ucapnya.

Pertandingan dalam liga santri ini dimulai 21 Juni hingga 29 Juni.  Dua tim pemenang  akan diadu di tingkat provinsi. Dandim berharap, dari liga santri piala kasad lahir bibit pesepakbola dari kalangan santri.

Sedangkan Totok dari PSSI Kota Probolinggo berharap, para santri dari Probolinggo bisa lolos ke babak selanjutnya, sebagai perwakilan dari Probolinggo.

Totok juga menyampaikan ancang-ancang santri yang sedang bertanding di liga kasad ini, berpeluang masuk sebagai pemain Persipro. Menurutnya, pemain-pemain di klub sepak bola besar di Indonesia ada yang berasal dari pesantren. Jadi menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin, santri-santri ini bisa menjadi pemain di Persipro. “Tidak ada yang tidak mungkin. Di liga-liga besar banyak pemain dari pesantren,” ujarnya. (alv/why)

https://www.tadatodays.com/detail/kick-off-liga-santri-piala-kasad-2022-di-probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *