Liga Santri PSSI Piala KASAD Penyisihan Tingkat Kodim 0733 Kota Semarang

SEMARANG, KRJOGJA.com – Persatuan Sepakbola Santri (PSS) Ponpes At Tauhid Tembalang tampil sebagai Juara I dalam Liga Santri PSSI Piala KASAD Penyisihan Tingkat Kodim 0733 Kota Semarang. Selanjutnya Juara II diraih PSS Ponpes At Thalamus Semarang Timur dan Juara III PSS Ponpes Asshodiqiyah Gayamsari Semarang.

Juara I berhak atas tropi dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. Juara II tropi dan uang pembinaan Rp 3 juta dan Juara III dapat tropi dan uang pembinaan Rp 2 juta. Hadiah diserahkan Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana MMDS di aula Ponpes Asshidiqiyah Kaligawe Gayamsari Semarang, Rabu (13/7/2022).

Letkol Inf Honi Havana MMDS mengungkapkan, Liga Santri diinisiasi Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk membangun sinergitas TNI-Santri. “Santri dan para ulama memiliki peran besar bagi berdirinya TNI. Bahkan Pondok Pesantren menjadi kantong-kantong perjuangan merencanakan dan merebut kemerdekaan. Karena itu dari Pondok Pesantren lahir lah konsep Hubbul Wathon Minal Iman, yaitu cinta tanah air bagian dari iman. Konsep inilah yang melatar belakangi munculnya semangat cinta dan pembelaan terhadap tanah air yang digali dari nilai-nilai Qur’an dan Hadits secara fiqhiyah,” ungkap Honi.

Liga santri juga merupakan sarana membangun silaturahmi TNI dengan insan pesantren. Melalui jalinan silaturahmi ini diharapkan akan saling menguatkan dalam membentengi negara atas potensi ancaman. Ancaman yang sekarang muncul menurut Dandim salah satunya masuknya ideologi asing yang memaksa akan mengganti Pancasila, radikalisme, intoleran serta terorisme.

Sementara Pengasuh Ponpes Asshodiqiyah KH Shodiq Hamzah merasa terhormat atas kehadiran Dandim 0733 Kota Semarang di Pondok Pesantrennya. “Pesantren memiliki peran penting terhadap berdirinya negara ini. Mbah Kyai Hasyim Ashari lah pemompa semangat santri untuk bergerak mengusir penjajah, makanya dari pesantren lahirlah laskar-laskar santri diantaranya Hizbullah, Sabilillah, Mujahid dan lainnya.

Liga Santri Piala KASAD ini akan terus berlanjut hingga tingkat nasional. Juara I tingkat Kodim 0733 Kota Semarang ini akan maju di babak penyisihan tingkat Kodam IV Diponegoro untuk memperebutkan piaga Pangdam dan berhak tanding di Gelora Bung Karno. (Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *