Bupati Garut, Rudy Gunawan

PORTALJABAR, KAB. GARUT – Bertempat di Stadion Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (8/7/2022), Bupati Garut, Rudy Gunawan, menutup secara resmi perhelatan Liga Santri Piala Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengapreasi pelaksanaan liga santri yang memperebutkan Piala KASAD ini, ia menilai liga ini juga merupakan ajang bersilaturahmi dalam rangka meningkatkan ukhuwah, sembari mendidik para santri agar memiliki sportivitas khususnya di bidang sepak bola.

“Tentu pemikiran Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (melalui liga santri) ingin anak-anak yang ada di santri-santri di pondok pesantren juga mempunyai kemampuan berolahraga terutama sepak bola,” ujar Bupati Garut.

Ia juga mengungkapkan, liga ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, walaupun ada beberapa senggolan dalam pertandingan, menurutnya hal tersebut merupakann suatu hal yang biasa dalam sebuah pertandingan sepak bola.

“Bukannya kita mau dengan serta merta karena kalah kita emosi tidak, tadi saya memperhatikan ketika yang kalah menyalami yang menang sebagai ucapan selamat, yang menang juga memberikan apresiasi karena yang kalah juga bermain baik dan sportif, tepuk tangan untuk kita semua,” ungkapnya.

Rudy memaparkan pihaknya berencana di tahun depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan menganggarkan dari APBD untuk bisa membantu perhelatan liga santri agar lebih baik lagi khususnya dari sisi hadiah.

“Saya berharap nanti finalnya (tahun depan) menggunakan Lapangan Sepakbola Kanjeng Dalem (Adiwjaya), yang sudah bersertifikat internasional,” papar Rudy.

Bupati Garut berharap Pondok Pesantren (Ponpes) Suci Al-Quds yang menjuarai liga santri tahun ini yang akan mewakili Garut di tingkat provinsi bisa berjaya dan masuk ke grand final tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Garut, Amirudin Latif, menuturkan, Juara 1 Liga Santri Piala KASAD Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut akan mewakili Kabupaten Garut di tingkat provinsi yang rencananya akan digelar pada tanggal 20 Juli 2022 mendatang di Kota Bandung.

“Tentunya sebagai ketua PSSI saya merasa bersyukur bahwa gelaran ini bisa selesai dan memberikan animo yang sangat luar biasa bagi para pondok pesantren yang ada di Kabupaten Garut,” tutur Amir.

Ia berharap dengan digelarnya beberapa kompetisi sepakbola di Kabupaten Garut seperti liga desa dan liga santri, mampu melahirkan atlet-atlet yang luar biasa di bidamg sepakbola.

“Ketika kemarin Liga Desa sudah bergulir hari ini Liga Santri selesai, otomatis ketika para kepala desa melakukan pembinaan, para pimpinan pesantren juga melakukan pembinaan sepakbola, insya Allah Garut akan melahirkan atlet-atlet yang sangat luar biasa di bidang sepakbola,” harapnya.

Di liga santri ini, imbuh Amir, pesantren asal Kabupaten Garut memiliki pengalaman yang cukup baik, salah satunya yakni pernah menjadi juara ke-3 di tingkat nasional pada tahun 2019. Sehingga ia berharap prestasi Ponpes Suci Al-Quds di liga santri bisa lebih baik lagi daripada tahun 2019 silam.

Liga Santri Piala KASAD Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut sendiri dimulai sejak 24 Juni 2022 lalu, di mana perhelatan liga santri yang diikuti oleh 23 Ponpes di Kabupaten Garut ini, dibuka secara secara resmi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0611/Garut lama, Letkol Czi Deni Iskandar.

Pada pertandingan puncak mempertemukan Ponpes Suci Al-Quds Kecamatan Karangpawitan vs Ponpes Al-Huda Kecamatan Karangpawitan, dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan Ponpes Suci Al-Quds.

Di akhir pertandingan, dilakukan penyerahan piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, Dandim 0611/Garut yang baru, Letkol CzI Dhanisworo, dan tamu undangan lainnya.

https://jabarprov.go.id/berita/bupati-garut-tutup-gelaran-liga-santri-piala-kasad-tahun-2022-tingkat-kabupaten-garut-6174

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *